Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan 4 Aplikasi Kirim Pesan Populer 2020

Evander News - Aplikasi Instant Messenger adalah sebuah tools yang berfungsi untuk mengirim pesan ke sesama pengguna. Ini adalah salah satu bukti bagaimana perkembangan alat telekomunikasi manusia benar-benar berkembang dengan pesat.

Pada perkembangannya, aplikasi ini tumbuh subur dan bukan hanya mengirim pesan teks, namun juga gambar, emoticon, dokumen, video bahkan software.

Hal ini memang adalah efek positif dari perkembangan dunia digital yang demikian pesat. Namun patut digaris bawahi, bisnis aplikasi chat ini sangat ketat. Jangan heran kalau banyak vendor yang kemudian berguguran.

Kelebihan Dan Kekurangan 4 Aplikasi Messenger Terbaik
Kelebihan Dan Kekurangan 4 Aplikasi Messenger Terbaik

Maka yang tersisa kemudian adalah aplikasi instant messenger yang berkualitas. Merekalah yang mampu survive di tengah ketatnya persaingan.

Sebagai bukti adalah BBM alias Blackberry Messenger. Aplikasi yang bisa disebut ibunya instant messenger ini akhirnya tewas dengan terhormat di tengah medan laga bisnis startup dan digital yang makin kejam.

Lalu apa saja aplikasi chat dan instant messenger yang masih bertahan di posisi atas serta layak masuk daftar ini?

Berikut adalah 7 aplikasi perpesan dan chatting untuk Android yang harus Anda tahu.

#1 WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting terbaik untuk kamu pengguna Android. Bahkan mungkin sekali, WA adalah aplikasi chatting paling populer di dunia saat ini. Hal itu dibuktikan dengan jumlah pengguna yang sudah melebihi 1,5 milyar orang.

Cukup daftarkan nomor HP, WhatsApp akan otomatis menghubungkan kamu dengan kontak yang ada di nomor HP kamu.

Terutama untuk bisa menikmati fitur chat dan beragam fitur seru lainnya tanpa memotong pulsa alias menggunakan koneksi internet.

Kelebihan WhatsApp :

1. Sangat ringan.

2. Sampai saat ini bebas iklan.

3. Tersedia di playstore.

4. Bisa digunakan Android maupun IOS.

5. Tersedia update rutin.

6. Gratis tanpa pulsa / tetapi tetap bayar internet bro!

7. Mampu mengirim dokumen, gambar, video, voice, kontak, dll.

8. Memiliki versi Bisnis

9. Hanya dibutuhkan no telp.

10. Ada fitur pesan tersemat / status.

11. Mampu mengetahui pesan sudah terbaca atau tidak oleh responden.

12. Bisa dikoneksi dengan komputer.

13. Ada fitur sharing massif.

14. Bisa bikin grup.

Kekurangan WhatsApp :

1. Isu kuota memory, banyak yang mengeluh pesan yang banyak bisa bikin hp lemot dan pesan WA tidak terkirim. Padahal ini bisa diatasi dengan : tidak terlalu banyak mengikuti grup, tidak langsung menyimpan video/foto/voicemail/dokumen.

2. Tidak ada fitur temukan pengguna sekitar.

3. Isu privasi karena pengirim mampu mengetahui pesannya diterima atau tidak.

4. Isu boros baterai, karena pada dasarnya belum banyak yang mengerti cara menggunakan WA dengan maksimal tanpa boros baterai (nantikan artikel Evander News selanjutnya).

#2 Telegram

Perkembangan Telegram sangat luar biasa. Aplikasi ini makin lama makin menarik banyak pengguna baru di seluruh dunia.

Telegram yang berbasis layanan cloud dan voice over internet protocol (IP) ini diluncurkan dua bersaudara Nikolai dan Pavel Durov pada 2013. Aplikasi ini bisa digunakan di perangkat dengan sistem operasi Android, iOS, Windows Phone, Windows NT, macOS, dan Linux.

Diperkirakan ada 200 juta pengguna aktif Telegram di seluruh dunia. Aplikasi ini adalah yang terpopuler kedua di belakang WA.

Kelebihan Telegram :

1. Fitur group Telegram mampu menampung hingga 200 ribu anggota. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan jumlah anggota group chat di Whatsapp yang dibatasi maksimal 256 orang. Namun dengan jumlah anggota grup yang begitu besar, Anda mungkin akan kesulitan mengikuti obrolan atau menyimpan postingan yang penting. Jadi, Anda harus lebih cermat.

2. Pengguna Telegram bisa mengungkapkan ekspresinya melalui stiker, dengan pilihan yang lebih beragam daripada emoji. Fitur ini muncul sebelum Whatsapp meluncurkan fitur yang sama beberapa waktu lalu.

3. Isu keamanan yang cukup penting. Telegram mengklaim aplikasinya memiliki keamanan yang andal karena pesan yang terkirim tersandi (encrypted). Pemerintah Rusia pernah meminta pendiri aplikasi ini untuk menyerahkan enkripsi keamanan aplikasi perpesanan tersebut. Namun, mereka menolaknya.

4. Aplikasi Telegram mampu mengirim pesan rahasia antar pengguna. Pengguna bisa mengatur waktu tertentu agar pesan yang dikirim terhapus atau hilang setelah waktu yang ditentukan. Fitur tersebut disebut self-destruct timer.

5. Pesan yang sudah terkirim juga bisa diedit. Pengguna hanya perlu menekan pesan tersebut kemudian bisa mulai menyunting pesan tersebut ketika muncul tulisan edit. Jadi, pengguna tak perlu khawatir dengan salah ketik.

6. Pengguna Telegram bisa mengirim file dengan ukuran hingga 1,5 GB karena aplikasi ini menggunakan penyimpanan komputasi awan (cloud). Sementara itu, Whatsapp membatasi pengiriman file gambar atau video sebesar 100 MB.

7. Telegram memiliki channels di mana pengguna bisa terhubung dengan informasi yang diinginkan tanpa harus bergabung di grup. Channels ini hanya mengirimkan informasi tanpa komentar atau analisis. 8. Telegram juga memungkinkan para pengembang aplikasi untuk menambah tools sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini dimungkinkan karena Telegram membuka antarmuka pemrograman aplikasi (application programming interface/API).

9. Telegram menyediakan bots, yakni program berbasis kecerdasan buatan (artificial inteligence) dan machine learning yang bisa melakukan berbagai tugas. Contohnya, image bot bisa mencari gambar berdasarkan nama yang diberikan. Bot yang populer di Telegram antara lain image bot, sticker bot, dan gif bot.

10. Telegram menjamin layanannya bisa dinikmati secara gratis selamanya. Tidak ada fitur iklan yang mengganggu dan tidak ada biaya berlangganan.

Kekurangan Telegram :

1. Tidak ada fitur temukan pengguna terdekat.

2. Belum banyak website / blog yang bisa menambahkan tombol share ke telegram.

3. Isu blokir. Telegram pernah diblokir karena ditengarai terkait isu keamanan global.

#3 Line

Di Indonesia Line sangat populer di kalangan remaja dan mahasiswa. Ini tak lain karena adanya emotikon dan stiker yang lucu serta menggemaskan.

Awalnya, aplikasi besutan negara Jepang yang hanya dapat digunakan oleh perangkat iOS dan Android ini dikembangkan oleh perusahaan NHN Corporation pada Juni 2011 silam. Siapa sangka, perkembangannya yang begitu pesat membuat aplikasi LINE ini masuk ke dalam peringkat pertama terlaris gratis (top grossing) di 42 negara.

Hingga kini, LINE sudah dapat dinikmati di sistem operasi iOS, Android, BlackBerry, Windows Phone, Windows PC, Mac OS X, Nokia Asha Series, dan Firefox OS.

Namun, dengan banyaknya fitur yang diberikan, ternyata membuat aplikasi ini membutuhkan memori dan memakan resource yang lumayan besar.

Oleh karena itu, perusahaan LINE kemudian mengembangkan aplikasi LINE Lite sebagai solusi bagi pengguna yang ingin memakai LINE versi ringan.

Lalu bagaimana kelebihan dan kekurangan dari Line? Berikut ulasannya untuk Anda.

Kelebihan Line :

1. Berkomunikasi secara gratis. Pengguna hanya cukup terhubung ke internet untuk dapat menikmati layanan komunikasi secara gratis, seperti chat, voice, video, maupun live.

2. Seiring waktu, LINE terus meng-upgrade kemampuannya dalam menampung jumlah member dalam grup yang awalnya maksimal 100 pengguna saja kini telah mencapai 500 pengguna.

3. LINE mendukung berbagai platform dengan berbagai sistem operasi, seperti iOS, Android, BlackBerry, Windows Phone, Windows PC, Mac OS X, Nokia Asha Series, dan Firefox OS.

4. Beragam fitur menarik yang sangat bermanfaat, seperti keep, line today, line square, line jobs, dan lain sebagainya. Inilah hal yang mampu menjadi keunggulan LINE dibanding aplikasi sejenis lainnya.

5. Banyaknya pilihan stiker yang tersedia membuat pengguna bebas mengekspresikan dirinya dalam ruang obrolan.

6. Bisa dikoneksikan lewat PC dan memiliki back-up jika Anda melengkapi dengan alamat email.

7. Untuk menambah pertemanan, bisa menggunakan berbagai cara, seperti no hp, Id, atau barcode.

Kekurangan Line :

1. Sangat berat dan berpotensi membuat Hp lelet.

2. Butuh banyak kuota internet.

3. Membuat memori Hp terkuras banyak sekali.

4. Fitur pendampingnya berdiri sendiri, jadi harus download secara terpisah. Contoh : Line @, Line Webtoon, dll.

#4 Messenger Facebook

Jika Anda pengguna Facebook, maka pasti juga tidak asing dengan yang namanya Messenger. Messenger sendiri adalah aplikasi pesan yang langsung terhubung pada Facebook.

Dan tentu saja, Messenger akan memudahkan pengguna Facebook. Karena pesan yang keluar atau masuk akan ditanggapi lebih cepat. Tapi, apakah semua pengguna Facebook tahu apa kelebihan menggunakan Messenger?

Dahulu memang msgr adalah bagian tak terpisahkan dari FB. Namun kini Anda bisa menggunakannya secara terpisah, walau tetap saling terkoneksi satu sama lain.

Lalu apa saja kelebihan dari messenger facebook serta kekurangannya?

Kelebihan Messenger Facebook :

1. Jangkauan luas. Karena terhubung dengan Facebook, maka Anda bisa bercakap-cakap ria dengan sesama pengguna FB yang tentunya jauh lebih banyak.

2. Ada fitur kirim gambar, video, pesan, dll.

3. Terkoneksi dengan marketplace FB jadi sangat membantu para pengusaha OL.

4. Tidak mengharuskan konfirmasi no telepon.

5. Bisa digunakan di berbagai platform.

Kekurangan Messenger Facebook :

1. Cukup berat dan makan banyak kuota.

2. Otomatis terkoneksi dengan teman di Fb walau Anda mungkin tidak terlalu mengenalnya.

3. Pesan yang terkirim tidak bisa diedit atau dihapus kembali.

4. Butuh jaringan yang stabil, setidaknya 4G. Di saluran 3G sangat susah.

Demikianlah berbagai perbandingan dari 4 aplikasi chatting dan instant messanger terbaik saat ini. Anda setuju? Atau punya pendapat berbeda? Silahkan komen ya.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan 4 Aplikasi Kirim Pesan Populer 2020"

Apakah Anda masih punya pertanyaan? Tulis pertanyaan Anda di kolom di bawah ini.