Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penting! Cara Merapikan Artikel di Blog

Evander News - Kenapa artikel saya tidak rapi? Kenapa ukurannya sering berubah? Kenapa mode huruf tebal dan miring tidak berfungsi? Bagaimana cara merapikan tulisan di blog agar lebih rapi?

Hai smart people, selamat datang di Evander News yang konsisten memberikan berbagai info menarik dan solusi untuk permasalahan Anda.

Terkadang dalam melakukan aktivitas blogging, terutama dalam menulis artikel, kita dihadapkan pada beberapa masalah teknis. Salah satunya adalah artikel yang menjadi tidak rapi, padahal pada proses editing di kolom entri semua terlihat rapi dan indah.

Untuk mengatasi hal tersebut, Blog Evander News akan berbagi lewat artikel cara merapikan artikel di blog ini.

Penting sebelum Anda semua melakukan editing html maupun CSS, baca artikel ini sampai selesai dengan cermat. Jangan dan hindari scanning alias baca sekilas, karena resiko mengubah html cukup merepotkan. Terlebih bagi Anda yang belum terlalu familiar.

Untuk itu bacalah artikel ini kata-demi-kata sampai selesai sehingga Anda benar-benar memahaminya.

Penting! Cara Merapikan Artikel di Blog. Perhatikan setiap langkah berikut agar tulisan Anda bisa lebih enak dan terstruktur. 

Table of Content :

1. Pentingnya Artikel yang Rapi

1.1 Menunjang SEO dan Trafik

1.2 Meningkatkan Kredibilitas Anda

1.3 Meningkatkan Kualitas Tulisan

2 Permasalahan Dalam Menulis Artikel 

2.1 Permasalahan Jenis Font

2.2 Permasalahan Ukuran Font

2.3 Permasalahan Jarak dan Tinggi Baris

3. Penyebab Munculnya Masalah

3.1 Kesalahan Editing

3.2 Kesalahan Template

3.3 Kesalahan CSS

4. Cara Mengatasi Artikel yang Tidak Rapi

4.1 Mengatasi Masalahan Jenis Font 

4.2 Mengatasi Masalahan Ukuran Font/Jarak 

4.3 Mengatasi Permasalahan Bold dan Italic

5. Beberapa Tips SEO [BONUS]


1. Pentingnya Artikel yang Rapi

Menulis artikel menarik memang penting, tetapi harus juga diperhatikan unsur kerapihan. Semua blogger pasti ingin artikel yang mereka tulis di blognya terlihat rapi. Pertanyaan, mengapa?

1.1 Menunjang SEO dan Trafik

Kerapihan dan keindahan artikel sangat menunjang trafik blog Anda. Logikanya, jika artikel anda rapi (dan tentu saja bermanfaat serta menarik), pembaca akan betah untuk berlama-lama membaca tulisan Anda. Merekapun tidak akan segan untuk berkunjung ke blog Anda kembali.

Ada jutaan blog, tetapi banyak yang tidak memperhatikan kerapihan dan keindahan artikel. Jika Anda melakukannya, maka selamat. Anda sudah memenangkan kompetisi Anda. 

Walau jalan panjang masih menunggu, khususnya untuk Anda yang berniat serius ngeblog dan memaksimalkan penghasilan dari Google Adsense.

1.2 Meningkatkan Kredibilitas Anda

Selain artikel yang rapi, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa meningkatkan kredibilitas Anda sebagai seorang blogger. Hal-hal itu antara lain pesan dalam artikel Anda, kebermanfaatan serta data saintifik yang menunjang. 

Tapi semua itu dimulai dari kerapihan artikel Anda. Jika anda memperhatikan kerapihan tulisan Anda, maka Anda akan dianggap bukan blogger sembarang, melainkan blogger yang punya kelas.

1.3 Meningkatkan Kualitas Tulisan

Manfaat lain dari artikel yang rapi dan indah, maka tulisan Anda terkesan profesional dan elegan. Tentu ini akan menunjang karir Anda sebagi seorang blogger. Artikel yang rapi semacam kemasan dan semua pembeli pasti melihat kemasan lebih dahulu dalam membeli barang. Itulah analoginya.

Maka sudah tidak heran lagi, artikel haruslah rapi dan enak dibaca. Untuk itu, baca artikel ini pelan-pelan, khususnya Anda yang belum memahami HTML dan atau CSS. Karena pada dasarnya semua langkah ini sangatlah mudah namun hanya butuh ketelatenan dan kesabaran.

Baca juga : Cara Membuat Widget Recent Comment Ringan Sederhana.

2. Masalah Dalam Menulis Artikel

Kita sudah membahas pentingya tulisan anda agar selalu rapi. Kini kita akan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang muncul yang membuat blog Anda, khususnya artikel Anda menjadi kacau dan tidak rapi.

2.1 Permasalahan Jenis Font

Ini sebenarnya permasalahan sepele namun fatal jika tidak segera diatasi. Permasalahan ini berkaitan dengan jenis font. Mungkin Anda terlebih dahulu membuat semacam konsep atau draf tulisan menggunakan microsoft word dengan beberapa font. Tetapi kemudian ketika Anda pindah ke blog dan Anda publish, tulisan menjadi kacau.

2.2 Permasalahan Ukuran Font

Mirip dengan permasalahan di atas, namun ini berkaitan dengan ukuran huruf. Selidik punya selidik, ini adalah masalah yang paling sering muncul dan sangat menyebalkan. Huruf terlihat menjadi tidak beraturan. Lebih parah lagi, semua ini hanya terlihat ketika sudah di publish. Sungguh menyebalkan bukan?

2.3 Permasalahan Jarak dan Tinggi Baris

Ini juga sangat menyebalkan, baik masalah maupun cara pemecahannya. Anda mau tidak mau harus mengutak-atik template Anda. Bacalah artikel ini secara cermat agar bisa mengatasi masalah Anda.

Baca juga : 3 Cara Menurunkan Bounce Rate dan Membuat Pembaca Betah dengan Blog Kamu.

3. Penyebab Munculnya Masalah

Tidak ada asap jika tidak ada api. Begitupula setiap masalah pasti memiliki pemicunya. Apa saja penyebab permasalahan ketidakrapihan artikel Anda?

3.1 Permasalahan Editing

Kemungkinan pertama, Anda menulis artikel di word lalu memindahkannya mentah-mentah ke blog. Ini sangat tidak disarankan karena akan membuat artikel Anda kacau.

Blog inipun juga menggunakan setidaknya 4 tempat untuk menulis dan mengedit artikelnya. Saya menggunakan Word, Sublime, Notepad dan kolom menulis di Blogger tentunya.

Lebih baik Anda menulis langsung di blog sekaligus mengeditnya di sana. Gunakan juga mode HTML selain mode Compose.

Atau Anda bisa menggunakan notepad, sublime, dan aplikasi sejenis untuk memastikan artikel Anda bisa dipindah dengan baik ke blog.

3.2 Permasalahan Template

Ini sangat menyebalkan. Anda harus mengutak-atik kode html Anda. Ada yang berhasil banyak juga yang tidak. Mengapa? Karena setiap template memiliki karakternya sendiri dan tentu saja satu template bisa berbeda bahkan berbeda jauh dengan yang lain.

Langkah yang bisa kita lakukan hanya menganalisa dan mengedit kode HTML nya. Tetapi jika HTML dan juga CSS dari template itu sudah kita edit, masalaha tetap saja ada, maka hanya ada satu langkah terbaik. Mau tidak mau, Anda harus mengganti template. Banyak template, khususnya yang tidak berbayar yang mengalami hal ini.

Ada jutaan template di dunia maya ini. Beberapa bisa anda lihat dan mungkin bisa anda pertimbangkan antara lain template magmaz dari tempyard dan sora dari sora template. 

3.3 Permasalahan CSS

Ini permasalahan yang tidak terlalu sukar. Anda hanya tinggal teliti untuk memahami kode CSS dan biasanya hanya terdiri dari beberapa karakter atau baris. Bahkan jika tidak mau memahaminya, Anda bisa melakukan cara yang lebih mudah, yaitu menyalin dan meletakkannya ke kotak CSS yang tersedia.

Baca juga : Aneka Kode dan Cara Membuat Sitemap SEO.

4. Cara Mengatasi Artikel yang Tidak Rapi

Setelah membaca penjelasan di atas, maka saatnya kita sekarang ke bagian yang terpenting, yakni mengatasi artikel yang tidak rapi di blog. Silahkan disimak langkah-langkah yang ada dengan cermat.

4.1 Mengatasi Permasalahan Jenis Font

Anda hanya bisa menggunakan font yang ada di blog Anda. Anda tidak bisa menggunakan font yang lain. Jika anda ingin menggunakan font yang lain maka anda harus menyematkannya dulu ke dalam daftar font blog Anda.

Ikuti langkah-langkah ini :

  • Cari font yang Anda inginkan di fonts.google.com
  • Pilih dan klik add to collection. 
  • Lihat dan perhatikan Load Time dari font itu. Harus Fast agar SEO tetap terjaga. Karena kalau terlalu berat, maka nanti loading blog anda ketika diakses akan menjadi lebih lama.
  • Ambil kode HTML-nya.
  • Sematkan di HTML template blog Anda. Klik Tema-HTML
  • Selesai.

Tips : Cari dan samakan font yang biasa Anda pakai di Word dan Blog agar sinkron dan tidak terjadi error.

4.2 Ukuran Font dan Jarak Baris

Pertama kita akan menggunakan cara edit kode html blog Anda.

1. Masuk ke akun Blogger Anda.

2. Setelah login maka akan muncul halaman dasboard.

3. Kemudian klik menu Template

4. Lalu pilih dan klik Edit html.

5. Selanjutnya cari kode ]]>

6. Supaya cepat, gunakan Ctrl+F

7. Salin dan sematkan kode itu di kotak pencarian.

8. Maka kode tersebut akan diberi warna berbeda oleh browser

9. Selanjutnya copy kode CSS berikut dan paste di atas kode yang tadi.

.post-body {

line-height:1.8em;

letter-spacing: 0.1px;

Word-spacing:0.5px;

Font-size: 16pt;

}

10. Kemudian klik tombol Save Template

Perhatikan : Anda bisa juga mengganti ukuran dan angka di formula tersebut.

  • line-height berarti jarak baris.
  • letter-spacing berarti jarak antar huruf.
  • word-spacing berarti jarak antar kata.
  • Font-size berarti ukuran hurufnya.

Cara kedua lewat CSS template. Tetapi cara ini jarang berhasil walau mudah. Mengapa? Karena ada jenis template khusus yang tidak mengindahkan perintah dari CSS. Percaya atau tidak hal ini nyata, khususnya template yang tidak berbayar.

Bagaimana langkah-langkahnya?

1. Masuk ke akun blog Anda.

2. Pilih Thema.

3. Pilih Sesuaikan.

4. Pilih Lanjutan.

5. Cari dan pilih Edit CSS.

6. Salin dan sematkan kode tadi di kolom CSS.

7. Selesai.

Tips : Jangan terburu-buru. Pahami dahulu tiap langkah ya.

4.3 Masalah Bold dan Italic Tidak Berfungsi

Aneka masalah juga muncul di beberapa template. Selain ukuran dan jarak baris, juga ditemui permasalahan fungsi B dan I atau Bold dan Italic yang tidak berjalan. Sebalnya, hal ini baru terlihat ketika artikel sudah di-publish

Bagaimana cara mengatasinya?

1. Masuk ke akun blog Anda.

2. Pilih Thema.

3. Edit html.

4. Cari kode ]]>

5. Copy kode dibawah ini tepat di atas kode ]]>

b {

font-weight: bold;

}

i {

font-style: italic;

}

6. Setelah itu klik simpan perubahan template.

Baca juga : Formula Menulis Artikel Menarik SEO

5. Beberapa Tips Penting Terkait SEO

Cara merapikan artikel blog | Evander News.


Tips Alternatif :

  • Mengetiklah di word dan salin lalu taruh di notepad. Setelah itu baru pindahkan ke blog pada bagian html lalu edit disana.
  • Mengetik di word dan copy-paste dulu di sublime atau notepad dan edit di sana.
  • Mengetik di word dan meng-copy/paste tiap beberapa paragraf dengan mode plain text.
  • Gunakan struktur Paragraf bukan normal (untuk blogger seri terbaru).
  • Biasakan pakai Rata Kiri atau Ratakan.
  • Konsistenlah. Judul memakai H1, Sub-judul H2, dst.
  • Gunakan ukuran medium atau ukuran asli untuk gambar.
  • Jangan memakai JS yang memanggil kode/obyek dari situs eksternal.
  • Gunakan kombinasi kalimat panjang - pendek.
  • Satu paragraf tidak lebih dari empat baris.
  • Usahakan menggunakan satu atau paling banyak dua warna untuk font.

Tidak Ada Artikel Yang Sempurna. Mengapa? Karena semua tergantung dari gadget yang mana digunakan untuk mengkakses artikel tersebut. Bahkan dengan model template super responsif dan extra amp sekalipun. 

Mungkin artikel anda sempurna terlihat dari laptop atau PC, tapi bisa saja berantakan di Iphone. Begitupula sebaliknya.

Gunakan ukuran font yang berada dalam rentang antara 11pt-18pt, karena jika dibawah itu, artikel akan terlihat sangat kecil. Lebih dari itu, artikel cenderung akan berjubel-jubel.

Waspadalah dalam menggunakan jenis font. Lebih baik menggunakan jenis-jenis yang sudah sangat populer dan dipastikan ada di semua jenis gadget. Font seperti Times New Roman, Arial, Helvetica, atau Trebuchet nampaknya bisa menjadi pilihan.

Untuk menunjang SEO, maka selain mempelajari cara merapikan artikel ada baiknya Anda melengkapi blog dengan beberapa widget, seperti kolom komentar terbaru, postingan terbaru ataupun postingan populer.

Itulah tips untuk merapikan artikel Anda. Ada berbagai macam blog tapi pada dasarnya semua tulisan harus bermakna dan enak dilihat agar pembaca betah. Semoga bisa membantu Anda dalam menulis blog. 

3 komentar untuk "Penting! Cara Merapikan Artikel di Blog"

  1. Sangat bermanfaat...

    Memang betul merapihkan blog sangat penting.. Untuk memanjakan pengunjung blog kita

    BalasHapus
  2. ntaps ni.. kdang bingung harus ditata gmn..

    mari liburan mampir ke www.blusukanjember.web.id

    BalasHapus
  3. konten yg menarik! kunjungi juga blog saya https://birdinginbali.blogspot.com

    BalasHapus
Apakah Anda masih punya pertanyaan? Tulis pertanyaan Anda di kolom di bawah ini.