Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA PALING MUDAH MENAIKKAN TRAFIK BLOG [Studi Kasus]

Evander News - Bagaimana cara menaikkan trafik blog dengan benar? Apa yang harus dilakukan agar trafik naik dengan cepat dan aman? Seperti apa langkah-langkah yang tepat untuk menaikkan trafik blog?

Welcome smart people...

Selamat datang di Blog Evander News, tempat yang membahas segala hal tentang internet, games dan aplikasi.

Pada kesempatan kali ini, kita akan bersama membahas mengenai cara termudah menaikkan trafik blog dengan supercepat.

Siahkan membaca :)

Fokus bahasan kita kali ini :

1. Pengertian Trafik

1.1 Definisi Trafik

1.2 Pentingnya Trafik.

2. Jenis-Jenis Sumber Trafik

2.1 Referral

2.2 Direct

2.3 Paid Search

2.4 Organic Search

2.5 Social

2.6 Display

3. Cara Menaikkan Trafik

3.1 Membuat Konten Menarik

3.1.1 Membuat Konten Abadi

3.1.2 Membuat Konten Yang Sedang Viral

3.1.3 Membuat Konten Yang Unik

3.2 Konsisten Update

3.2.1 Update Terjadwal

3.2.2 Update Monumental

3.3 Share Ke Social Media

3.4 Backlink Positif

3.5 Menjadi Penulis Tamu

3.6 Ikut Forum / Komunitas

3.7 Blogwalking

3.8 Mengadakan Lomba / Kompetisi

3.9 Responsif


UPDATE 2020 : Semua tulisan dari artikel cara menaikkan traffic ini sudah Admin coba di beberapa blog dan berhasil. Tentu saja mungkin kondisi setiap blog dan blogger berbeda. Namun Admin yakin semua tutorial di sini akan memberikan dampak positif bagi yang mau mempratikkan dengan cermat. Semangat ngeblog ya!


Cara menaikan traffic blog
Cara Menaikkan Trafik Blog


1. Pengertian Trafik

1.1 Apa itu Traffic/trafik?

Apa itu traffic? Traffic atau trafik website/ Blog secara sederhana dapat diartikan sebagai lalu lintas dalam web/blog.

Pengertian lainnya, trafik adalah jumlah orang yang mengunjungi sebuah website/blog, halaman yang mereka lihat, dan lamanya waktu saat pengunjung melihat atau membaca halaman-halaman atau artikel di blog tersebut.

Ketika seseorang berkunjung ke website/blog Anda, kunjungan tersebut serta semua link yang mereka klik dan follow direkam oleh sistem yang ada di blog Anda. Nantinya data-data yang berupa angka-angka ini bisa memberi Anda informasi tentang seberapa populernya blog Anda.

1.2 Pentingnya Trafik

Kenapa traffic penting? Bagi seorang blogger atau pebisnis online, trafik adalah hal yang sangat penting.

Intinya apapun jenis blog Anda, trafik tinggi merupakan tujuan dan hal yang sangat penting.

Trafik yang besar menandakan blog tersebut populer. Begitupula jika trafiknya kecil, berarti blog tersebut tidak populer.

Semua blogger pasti ingin blognya terkenal dan bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Analoginya, ada jutaan website/blog di internet. Kalau website Anda tidak dikunjungi oleh banyak orang alias trafiknya rendah, maka website Anda terancam akan tenggelam atau terdesak di antara website-website lain di internet.

Setiap blog butuh traffic. Seberapa pun bagusnya tata letak, desain dan template dari blog Anda, tetapi jika pengunjungnya sedikit,blog Anda mungkin tidak bisa bertahan. Kecuali emang itu yang Anda inginkan.

Pada dasarnya, blog Anda akan hanya bertahan jika ada traffic flow yang stabil.

Ada tiga alasan kenapa Anda perlu mempertimbangkan kepentingan traffic website :
  1. Menaikkan daya tawar blog Anda. Jika trafik besar, maka Anda akan mudah untuk menawarkan jasa anda, entah itu backlink, promote, review produk atau adsense.
  2. Mempertahankan blog anda tetap pada page one search engine, Google atau Yahoo misalnya. Jika blog anda memiliki trafik yang bagus maka lebih besar potensinya untuk meraih posisi teratas di daftar pencarian search engine.
  3. Meningkatkan personal branding anda sebagai pemilik blogger. Semakin baik trafik blog anda, maka personal branding anda akan semakin baik pula sebagai seorang blogger.

2 Jenis-jenis Sumber Trafik

Sebenarnya sangat penting untuk mengetahui secara detail perihal sumber trafik untuk blog anda. Dengan mengetahui sumber trafik blog anda, maka anda dapat mengetahui darimana kekuatan blog anda sekaligus titik kelemahan blog anda.

Ada sebuah alat yang dapat membantu Anda untuk mengetahui sumber trafik anda. Walau alat ini tidak sempurna tetapi sudah sangat terbukti menjadi sarana membantu para blogger dalam mengembangkan blognya. Alat ini adalah Google Analytics.

Mungkin ada diantara Anda yang merasa sulit membaca sumber trafik blog di Google Analytics. Anda tidak perlu khawatir. Koloni Berang-berang Digital akan mencoba menyediakan informasi dasar mengenai jenis trafik website yang diklasifikasi pada tool Google Analytics. Berikut detilnya.

2.1 Referral

Referral merupakan sumber traffic yang berasal dari website atau blog lain selain dari search engine. Saat user meng-klik link (URL) website kita yang berada pada halaman website lain, maka sumber trafik ini tercatat oleh Google Analytics sebagai referral. Link seperti ini dapat berada pada situs berita, website partner atau blog lain.

2.2 Direct

Direct traffic didefinisikan sebagai jenis trafik ketika user langsung mengetikkan alamat website (URL) pada browser atau klik langsung dari bookmark pada browser.

Pada banyak kasus, direct traffic juga dicatat ketika Google Analytics tidak bisa menentukan asal sumber traffic.

Hal ini terjadi karena technical error pada browser maupun pada perangkat dan masih ada beberapa penyebab lainnya.

Contoh aplikasi browser : Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera Mini, dll.

2.3 Paid Search

Paid search adalah sumber trafik dari iklan pencarian. Iklan ini terdiri dari Google AdWords (search), aupun platform lainnya yang berupa Paid-Per-Click (PPC).

2.4 Organic Search

Seperti yang tertera pada namanya, ini adalah sumber trafik yang berasal dari pencarian organik pada search engine (bukan berbayar). Pencarian organik ini tidak hanya berasal dari Google saja, tapi juga bisa dari search engine lain seperti Yahoo atau Bing.

2.5 Social

Traffik ini berasal dari social media platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll. Biasanya link website berada pada halaman profile social media atau juga bisa di dalam feed/postingan. Trafik dari link ini diartikan oleh Google Analytics sebagai social traffic.

2.6 Display

Sumber trafik yang satu ini berasal dari display marketing seperti pada Google AdWords (GDN). Display berasal dari banner atau jenis iklan lain yang berbasis Cost-Per-Mille (CPM) atau Cost per seribu kali tayang.

3. Cara Menaikkan Trafik

3.1 Membuat Konten Menarik

Membuat konten menarik bukan hanya salah satu cara untuk menaikkan trafik. Ini adalah cara utama yang harus Anda lakukan. Tanpa konten, maka blog Anda bisa dikatakan kehilangan fungsinya. Maka tidak bisa tidak, Anda harus membuat konten.

Lalu konten seperti apa yang bisa menaikkan trafik? Berikut beberapa jenis konten yang bisa Anda buat untuk menaikkan trafik blog anda.

3.1.1 Membuat Konten Abadi

Cara pertama, buatlah konten abadi, yakni konten yang selalu dicari dan dibutuhkan orang-orang. Pembaca akan selalu mampir ke konten-konten tipe seperti ini.

Tengok saja konten-konten dengan topik abadi. Setiap tahun jumlah pengunjung mereka berpotensi untuk bertambah secara otomatis.

3.1.2 Membuat Konten Viral

Selain membuat konten dengan topik yang abadi dan selalu dibutuhkan oleh pembaca, anda juga perlu mempertimbangkan untuk membuat konten yang sedang viral.

Makin viral makin bagus. Justru jika Anda melewatkannya, ini adalah sebuah kerugian besar. Konten viral semacam react atau cuplikan berita berpotensi menggenjot visitor secara drastis dalam kurun waktu yang cepat.

3.1.3 Membuat Konten Unik

Konten Anda juga harus unik. Ini bisa berkaitan dengan gaya bahasa, format tulisan atau pemilihan kata-kata tertentu. Semakin unik semakin baik. Karena hal ini bisa seperti meninggalkan pesan bagi pembaca Anda untuk datang kembali di lain waktu.

Selain inti dari konten Anda, perhatikan juga tulisan dan struktur artikel. Pelajari cara merapikan artikel agar pembaca betah berlama-lama.

Ini juga penting. Jika visitor betah membaca blog Anda dari satu artikel ke artikel yang lain, maka situs Anda akan naik brandingnya di mata mesin pencari.

3.2 Konsisten Update

Permasalahan update konten juga perlu diperhatikan. Mulailah untuk menyusun jadwal untuk update. Untuk lebih jelasnya baca keterangan di bawah ini mengenai update terjadwal dan update monumental berikut.

3.2.1 Update Terjadwal

Anda bisa menentukan sendiri. Apakah Anda ingin melakukan update secara berkala dalam harian, mingguan, bulanan, atau yang lainnya.

3.2.2 Update Monumental

Update monumental berarti Anda bisa update sewaktu-waktu. Ini berkaitan dengan 'segenting' apa sebuah konten harus segera di-update. Jika Anda tidak mampu memanfaatkan ke-viral-an suatu berita maka sebenarnya Anda mengalami kerugian.

3.3 Share Ke Social Media

Share ke media sosial adalah salah satu langkah tepat untuk menaikkan trafik dan mengundang pengunjung untuk berkunjung ke blog Anda.

Beberapa media sosial yang harus Anda coba antara lain adalah Facebook, Twitter, Instagram, Linkedln dan Pinterest.

Satu hal yang harus Anda ingat, pastikan konten yang Anda share ke media sosial tepat dengan calon pengunjung. Jika mayoritas teman anda di media sosial adalah ibu-ibu, meng-share posting berupa artikel sepakbola nampaknya tidak terlalu cocok.

Pastikan juga kegiatan sharing link Anda ini tidak dianggap spam. Kalau sampai dianggap spam oleh facebook atau media lainnya, maka Anda bisa dibanned.

3.4 Backlink Positif

Backlink postif berarti anda tidak melakukan spam ke kolom komentar blog orang lain. Jika Anda melakukan spam seperti ini, maka akan berakibat buruk bagi citra blog Anda.

Lalu bagaimana cara melakukan backlink yang benar? Anda bisa melakukannya dengan saling bertukar backlink. Membuat artikel dan menyematkan backlink dengan bahasa persuasif jauh lebih baik dari hanya menyematkan backlink di kolom komentar.

3.5 Menjadi Penulis Tamu

Ada 2 jenis penulis tamu. Pertama yaitu penulis tamu yang diundang dan biasanya dibayar oleh pemilik blog. Kedua, penulis tamu yang menulis di blog tertentu tetapi tidak mendapat bayaran.

Walau Anda mungkin tidak mendapat bayaran, tetap ada keuntungan lain yang bisa Anda peroleh. Setidaknya blog Anda bisa lebih dikenal. Selain itu ada beberapa blog yang mengijinkan link aktif yang bisa Anda gunakan untuk mengarahkan pembaca ke blog Anda.

3.6 Ikut Forum / Komunitas

Ada beberapa forum yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan trafik. Cari forum-forum yang sesuai dengan nice blog Anda. Lalu gunakan itu pertama-tama untuk menambah jaringan dan sahabat. Setelah itu taruhlah link Anda untuk menambah jumlah trafik blog.

3.7 Blogwalking

Walaupun tidak terlalu efektif, tetapi blogwalking tetap menjadi primadona para blogger dalam mempopulerkan blog mereka.

Cobalah untuk rutin blogwalking. Kunjungi blog-blog lain dan tinggalkan komentar di sana. Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah, pastikann komentar Anda berkualitas. Jangan memberikan komentar-komentar receh. Bisa-bisa Anda akan diblok oleh sang owner.

3.8 Mengadakan Lomba / Kompetisi

Hal ini hanya disarankan jika Anda memiliki budget lebih. Atau Anda bisa juga bekerja sama dengan pihak lain sebagai sponsor lomba Anda. Jika Anda ternyata tidak memiliki budget yang melimpah, maka sebaiknya maksimalkan langkah yang lain.

3.9 Responsif

Responsif berarti Anda rajin menanggapi balasan atau komen dan pertanyaan dari pembaca blog Anda. Cobalah untuk ramah dalam membalas komentar mereka.

Untuk memudahkan hal ini, maka pelajari cara memasang widget komentar terbaru agar blog Anda semakin responsif.

Pastikan bahwa Anda bisa menjawab apa yang mereka cari berkaitan dengan web atau blog Anda. Terkadang pembaca blog yang membaca artikel-artikel Anda meninggalkan pesan di kotak komentar atau bahkan menghubungi Anda melalui e-mail.

3.10 Memahami SEO

Apa itu SEO? Itu adalah suatu aktivitas untuk memaksimalkan atau melakukan optimasi situs agar mudah tampil di hasil pencarian Search Engine.

Untuk itu penting Anda sebagai blogger memahami cara kerja mesin pencari agar bisa memaksimalkan blog dan meningkatkan trafik organik.

Ingat walau Google merupakan search engine terpenting, tetapi masih ada beberapa mesin telusur lain yang mungkin perlu Anda ketahui dan optimasi.

Selain itu pastikan blog Anda sudah dilengkapi dengan sitemap yang akan meningkatkan SEO situs Anda.


Kesimpulan : Demikianlah artikel tentang CARA PALING MUDAH MENAIKKAN TRAFFIK BLOG. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk menaikkan trafik blog Anda. Silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar untuk saran dan pertanyaan. Silahkan bagikan artikel ini ke sosial media Anda semua.

4 komentar untuk "CARA PALING MUDAH MENAIKKAN TRAFIK BLOG [Studi Kasus]"

  1. Pembahsannya lengkap banget gan.tapi sya kurang bgitu paham mengenai yang mengadakan lomba/ kompetisi, itu contohnya kyk gimna ya?

    BalasHapus
  2. Akhirny ane dpt juga cara menaikan traffic, sebelumnya bingung and pusing karna terus memikirkanny, diartikel ini lah yg membuat ane semangat ;), btw maksud dri membuat konten abadi itu apa ya?

    BalasHapus
  3. Nice artikel terima kasih penjelasannya

    BalasHapus
  4. gan, kalo bikin postingan ke halamana tertentu biar sama kayak tampilan home page gimana ya gan ? post nya gak usah di tampilin ke home, tapi ke laman tertentu aja bisa gak gan ?? dan kalo bisa mohon gan dibikin kan kontennya juga. terima kasih agan.

    BalasHapus
Apakah Anda masih punya pertanyaan? Tulis pertanyaan Anda di kolom di bawah ini.