Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

11 Situs Penyedia Layanan Email

Evander News - Email adalah suatu kebutuhan yang wajib dimiliki semua orang di jaman ini. Tanpanya kita akan kesulitan untuk membuat akun sosial media, membuka rekening bank bahkan menikmati layanan Android di smartphone.

Intinya, Anda harus memiliki email.

Kebutuhan akan email ini sayangnya tidak disadari sebagian masyarakat Indonesia. Banyak dari mereka tidak memiliki email karena tidak tahu cara membuatnya.

Padahal membuat email sangatlah muda. Justru sebelum membuatnya kita harus paham dulu platform yang menyediakan jasa pembuatan surat elektronik tersebut.

Maklum ada yang menyediakan jasa pembuatan surel atau surat elektronik secara gratis, namun ada juga yang berbayar.

Nah, kali ini Evander News akan mempersembahkan sebuah artikel yang mengulas 10 situs penyedia email.

Semoga dengan artikel ini, para pembaca lebih paham dan mengerti situs-situs mana yang bisa digunakan untuk membuat email.

11 Situs Penyedia Layanan Email  evander lazy mole
situs penyedia email


10 Situs Penyedia Layanan Email Paling Populer

Alat komunikasi manusia telah berkembang dengan pesat. Dahulu nenek moyang kita menggunakan jasa merpati pos atau telegram, namun kini telah ada sarana yang lebih baik, yaitu e-mail.

Berikut adalah 10 situs yang dapat kamu gunakan untuk mendaftarkan surat elektronik atau email. Siapa saja mereka?

#1 Google

Google mempunyai lini bisnis yang khusus memberikan layanan email pada para customernya secara gratis. Layanan ini bernama Google Mail atau Gmail.

Gmail merupakan layanan email dan chat dari Google Inc. yang dibuat oleh Paul Buchheit.

Gmail menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 10 GB dengan perlindungan terhadap kotak masuk spam.

Gmail juga dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 25MB per email dan fitur-fitur menarik termasuk pengelompokan email masuk sehingga mudah untuk dilihat.

Sejak di launching 1 April 2004 sudah 500 juta lebih orang menggunakan Gmail

Gmail memiliki banyak kelebihan yang unik dan khas. Apa saja itu?

Layanan Gmail memiliki fitur Undo Send dan Email Forwarding. Luar biasa bukan?

Dari segi keamanannya Gmail juga mengusung ferivikasi dua langkah dan di bekali dengan filter spam yang kuat dari pesan – pesan sampah yang di kirim untuk anda.

Disamping itu, Gmail juga terintegrasi dengan alat produktivitas seperti Google Docs, Google Adsense, Google Drive, Blogger, Google Belanja dan Google Calendar. Anda dapat mengunjungi dan mencoba semua layanan tadi dengan mengunjungi tautan ini

#2 Yahoo

Yahoo mail dari Yahoo adaah salah satu situs penyedia email yang cukup lama eksis. Pasti anda sudah tidak asing kan dengan layanan surel yang satu ini.

Jika anda menggunakan layanan email Yahoo! ini, anda dapat terintegrasi dengan layanan Yahoo! lainya termasuk feed berita mereka, utillitas kalender dan juga Yahoo! Messenger. Selain itu jika anda menggunakan Yahoo! Mail, anda dapat di untungkan dengan beberapa fitur berikut ini
  • Kapasitas penyimpanan yang besar yaitu 1 TB
  • Filter spam dan enkripsi SSL
  • Penghapusan pesan di sampah secara otomatis setelah 90 hari
  • Terintegrasi dengan kalender, notepad, dan search engine.
Anda dapat mengunjunginya di tautan ini.

#3 AOL

Layanan dari AOL mail  menawarkan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas. Tentu ini merupakan hal yang menarik, bukan?

AOL mail juga memiliki fitur filter spam serta perlindungan virus yang canggih. Fitur lainnya yang tak kalah keren adalah fitur MyAddress yang membuat anda bisa memilih nama domain email anda sendiri.

Untuk membuat email menggunakan layanan AOL mail, silahkan anda kunjungi tautan ini.

#4 Outlook Microsoft

Outlook merupakan layanan email gratis yang dikembangkan oleh Microsoft.

Beberapa fitur pilihannya semakin memudahkan penggunaan email.

Kabarnya, Outlook memiliki fitur Aliases yang memungkinkan seorang pengguna membuat puluhan email dalam satu akun saja.

Ada pula categories, sebuah fitur yang membuat pengguna dapat mengelompokkan email berdasarkan nama pengirim. Fitur canggih lainnya adalah kemampuan Outlook email untuk memulihkan email yang telah dibuang secara tidak sengaja.

Outlook.com merupakan web berbasis email milik microsoft. Corp dan merupakan layanan email terbesar kedua. Diluncurkan pada 4 juli 1996 (Hotmail) 31 juli 2012 (Outlook) dan saat ini sudah melayani lebih dari 420 juta pengguna di seluruh dunia.

Outlook merupakan versi terbaru dari Hotmail, Windows Live Hotmail, Msn Hotmail dari Microsoft Walaupun begitu kita tetap bisa mengakses akun email hotmail, msn email terdahulu dan membuat akun baru dengan domain outlook, hotmail dan live.com.

Membuat email di Outlook sangat disarankan bagi Anda pengguna produk Microsoft, semacam Office dan Microsoft cloud.

Untuk membuatnya, silahkan klik tautan ini

#5 Yandex

Mungkin anda masih tidak familiar dengan nama penyedia layanan email yang satu ini. Memang Yandex masih kalah tenar dibanding situs penyedia email di atas.

Tetapi perlu anda ketahui bahwa Yandex Mail in menawarkan kapasitas penyimpanan email yang cukup besar untuk para pebisnis kecil yaitu 10 GB dan akan terus bertambah jika kapasitas penyimpanan anda kurang dari 200 MB. Situs layanan email yang satu ini dikembangkan oleh perusahaan besar Yandex LLC yang berasal dari Rusia. Kelebihan Yandex Mail adalah (selain) kapasitas penyimpanannya yang besar sehingga lebih nyaman dipakai.

Anda juga dapat menikmati fitur label, hot keys, tombol pribadi, dan juga anda dapat melihat lampiran email seperti gambar dan file media dalam pesan.

Dan fitur yang menarik dari Yandex Mail ini yaitu dapat terintegrasi dengan penerjemah pesan masuk dan keluar. Anda dapat mengunjunginya. Selain menyediakan layanan email gratis, perusahaan Yandex juga mengembangkan beragam layanan yang lain. Yang populer ialah Yandex music, Yandex browser, Yandex money dan lain-lain. Sama seperti email, aneka layanan tersebut juga dapat digunakan secara gratis.

Tertarik mencoba layanan Yandex? Silahkan klik dua kali di tautan ini

#6 Apple Icloud

Apa itu Apple Icloud. Ini bukan sejenis buah tapi merupakan salah satu penyedia surel gratis yang wajib Anda punya sebagai pengguna Iphone.

Seperti yang sudah Anda ketahui, jika anda pengguna smartphone Apple, maka layanan email iCloud Mail ini sangat cocok untuk anda.

Ini karena anda dapat menggunakan Appel ID untuk mengklaim alamat email iCloud anda.

Dari segi keamanan iCloud Mail juga menggunakan verifikasi dua langkah untuk engamankan akun emil anda.

Selain itu, iCloud Mail juga memiliki beberapa fitur salah satuya yaitu spam filter dan auto responden yang mencakup daftar kontak, kalender, dan utillitas untuk menyimpan catatan dan pengingat. Layanan email gratis yang satu ini disediakan oleh Apple dengan beberapa fitur menarik. Salah satunya adalah Find My iPhone yang berguna dalam melacak posisi  iPhone anda. Ada pula  iCloud Keychain untuk mengamankan password serta data penting yang dimiliki.

Anda dapat mengunjunginya tautan ini jika ingin membuat alamat surel di sana.

#7 Temp Mail

Kalau yang ini sedikit berbeda. Email dari Temp Mail adalah layanan surel yang bersifat sementara. Jadi bukan permanen.

Apa itu Temp Mail? Merujuk dari kata yang digunakan, maka Temp Mail atau Temporary Mail bisa diartikan sebagai layanan E-Mail yang bersifat sementara. Layanan seperti ini biasanya digunakan tidak untuk mengirim atau menerima informasi yang penting.

Temporary Mail biasanya digunakan untuk menerima sebuah kode atau informasi yang sifatnya sementara, atau bisa juga digunakan untuk melakukan verifikasi akun yang bersifat sementara.

Semisal anda hendak membuat sebuah akun @wifi.id gratis, maka anda akan membutuhkan sebuah akun E-Mail saat registrasi. Sedangkan, masa berlaku voucher tersebut hanya beberapa hari misalnya. Maka gunakan saja layanan dari Temp Mail.

Jika anda menggunakan E-Mail permanen anda saat mendaftar, maka ketika masa aktif voucher tersebut habis, anda tidak akan bisa menggunakan E-Mail anda untuk mendaftar untuk yang kedua kalinya. Saat seperti inilah Temporary Email digunakan, dimana jika masa aktif vucher tersebut habis, maka anda bisa dengan mudah mendaftar lagi menggunakan akun Temporary Mail yang lain.

Silahkan tekan tautan ini untuk mencoba.

#8 Mail

Jika anda memiliki usaha yang kecil layanan Mail.com ini sangatlah cocok untuk anda. karena anda dapat memiih 200 domain yang berbeda jika anda membuat alamat email.

Sama dengan layanan email lainya, Mail.com juga di bekali dengan fitur blokir spam dan perlindungan antivirus.

Fitur lainya yang menarik yaitu fitur Mail Collector yang dapat anda gunakan untuk menerima pesan dari penyedia email lain. Anda juga akan mendapatkan kalender online bahkan anda dapat menggunakan Mail.com untuk mengirim undangan dan menjadwalkan janji. Anda dapat mengunjunginya di sini.

#9 Zoho

Zohomail.com menyediakan kapasitas pemyimpanan online terbatas. Umumnya zoho mail ditujukan untuk pengguna profesional dan umum, Meskipun Zoho Mail tersedia kelas premium alias berbayar, namun ada juga yang gratisannya.

Zoho Mail memungkinkan anda memiliki maksimal 25 akun.

Layanan email ini sangat cocok untuk anda para pebisnis kecil, karena anda dapat membuat 25 akun pengguna secara gratis dalam Zaho Mail ini. Zoho Mail juga memiliki fitur perlindungan antivirus, filter spam dan dapat terintegrasi dengan layanan Zoho lainya seperti catatan, kalender, dan tugas.

Tetapi kapasitas penyimpanan dalam layanan email ini sangat terbatas.Dengan versi gratis Zoho Mail, kapasitas penyimpanan email anda dibatasi sebesar 5 GB per pengguna, termasuk perlindungan antivirus serta spam filtering. Salah satu kelebihan dari Zoho Mail ini adalah tidak menampilkan iklan, bahkan di versi yang gratis sekalipun, tidak seperti sebagian besar  penyedia layanan email lainnya.

Jika anda ingi mendapatkan layanan yang lebih, anda dapat membeli viersi premiumnya. Anda dapat mengunjunginya layanan surel Zoho mail di sini.

#10 Lycos

Namanya memang unik dan mungkin kurang familiar. Tetapi jangan salah, Lycos adalah salah satu penyedia surel terkemuka di dunia.

Lycos merupakan penyedia layanan email gratis lainnya yang diluncurkan pada awal 1990-an yang awalnya hanya sebagai sebuah mesin pencarian Internet dan web portal. Kapasitas penyimpanan yang ditawarkan pada versi gratis adalah sebesar 500 MB. Dam juga disertai penyaringan spam dan fitur pemeriksa virus.

Untuk mendaftar lycos mail, silahkan langsung saja kunjungi tautan ini.

#11 Opera Mail 

Tidak hanya bermain di sisi mesin pencari, Opera juga menjadi situs penyedia email yang patut Anda coba.

Opera Mail adalah penyedia email dan berita yang dikembangkan oleh Opera Software. Awalnya, layanan ini adalah komponen yang terintegrasi dalam browser web Opera dari versi 2 hingga 12.

Dengan dirilisnya Opera 15 pada 2013, Opera Mail menjadi produk terpisah dan tidak lagi dibundel dengan Opera.

Beranda yang unik dan ukuran yang ringan menjadikan Opera Mail patut Anda coba. Memang untuk membuat dan membuka Opera Mail agak ribet, karena harus menginstall addon serta aplikasinya. Klik di tautan ini untuk membaca panduan penggunaan layanannya.

Demikian artikel tentang 11 situs yang menyediakan email untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.

7 komentar untuk "11 Situs Penyedia Layanan Email "

  1. Wah, ternyata banyak juga ya, situs situs penyedia email, yang saya tahu cuma google sama Yahoo.

    Makasih informasinya 👌

    BalasHapus
  2. Sejauh ini yang gue tau cuman Gmail Ama outlook dari Microsoft cuyyy. Makasih atas infonya men. Mengingat pentingnya sebuah email baik dalam aktivitas komersial maupun sekedar berkirim kabar.

    BalasHapus
  3. Email memang penting bagi pengguna internet apalgi seorang pembisnis dan sebagainya.

    BalasHapus
  4. Email memang penting bagi pengguna internet apalgi seorang pembisnis dan sebagainya.

    BalasHapus
  5. saya baru tau ternyata ada beberapa penyedia email selian google dan yahoo. dan di zaman digital seperti penggunaan email sangat diperlukan untuk berbagai macam penggunaan, mulai dari android, sosial media, online shop , dan lain lain. hampir semua nya sekarang untuk login harus menggunakan sebuah email. kita harus berterimakasih kepada penemu email karena penemuannya sampai sekarang digunakan oleh berbagai kalangan.

    BalasHapus
  6. Memang di Indo yg terkenal cm 2 aja sih

    BalasHapus
  7. Makasih sekali .. manfaat banget.

    BalasHapus
Apakah Anda masih punya pertanyaan? Tulis pertanyaan Anda di kolom di bawah ini.