Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3 Cara Agar Pembaca Betah Mengeksplorasi Blog Kamu

Evander News - Persaingan di dunia blog dewasa ini semakin sengit. Hanya mereka yang kreatif, tekun, pantang menyerah dan memiliki strategi jitu yang mampu bertahan.

Cara membuat visitor blog betah untuk membaca postingan
Cara Membuat Pengunjung Blog Betah

Salah satu mimpi para blogger dalam memenangi persaingan tersebut adalah dengan membuat blog yang responsive, menarik dan bermanfaat sehingga dapat mengundang banyak pembaca.

Hal tersebut sebenarnya sudah sangat baik namun ada satu yang dilupakan, yakni bagaimana caranya membuat para visitor blog betah berlama-lama di situs Kamu, sehingga bukan hanya datang, baca dan langsung pergi. Di sinilah letak tantangannya.

Kenapa disebut tantangan? Karena pada dasarnya ada berbagai macam tipe pembaca yang tentu saja akan berpengaruh langsung terhadap kebiasaan mereka dalam mengunjungi suatu situs. Ada visitor yang begitu dapat apa yang dicari, kemudian langsung pergi begitu saja. Namun ada pula yang penasaran dan membaca-baca tulisan yang lainnya. Nah, yang kedua inilah yang akan membuat blog kamu naik kualitasnya di mata search engine.

Manfaat dari makin betahnya pengunjung adalah mereka akan semakin familiar dengan tulisan kamu, apalagi jika itu dirasa unik dan berkarakter. Selain itu jika ternyata kamu memasang iklan dari Google Adsense, hal ini akan berdampak positif, seperti semakin berpotensi untuk meningkatkan CPC, menurunkan Bounce Rate dan membuat situs kamu meningkat daya tawarnya di mata mesin telusur.

Tetapi pertanyaannya kemudian, bagaimana caranya supaya pengunjung mau betah berlama-lama alias tidak mudah kabur begitu selesai dapat apa yang mereka mau?

Jika itu pertanyaan kamu, maka jangan khawatir karena di artikel ini kami akan bagikan 3 tips supaya pengunjung tidak langsung pergi setelah membaca artikel di blogmu.

1. Internal Link

Melengkapi postingan dengan internal link adalah metode SEO
Membuat Internal Link Dalam Postingan

Cara pertama dan paling mudah adalah melengkapi semua artikel di postinganmu dengan internal link. Apa maksudnya? Jadi kamu cantumkan juga beberapa artikel yang saling terkait, sehingga jika pengunjung membaca sebuah artikel, mereka akan diarahkan juga menuju artikel lainnya.

Nah ada beberapa cara dalam membuat internal link ini. Apa saja itu? Kalau yang paling mudah adalah dengan membuat post terkait atau related post secara otomatis. Beberapa thema atau template sudah menyediakan fasilitas ini.

Nah kalau tidak ada, kamu bisa buat atau lengkapi secara manual. Seperti di tengah suatu artikel kamu tambahkan kalimat “….mau tahu lebih lanjut, silahkan baca juga artikel tentang hal tersebut di sini.”

2. Konten Interaktif

Cara membuat konten interaktif agar pengunjung betah
Buatlah Konten Interaktif

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk membuat para pengunjung betah adalah dengan menciptakan konten yang interaktif. Apa itu? Maksudnya postingan kamu haruslah membuat pembaca merasa terlibat atau tertarik untuk ikut dengan apa yang sedang kamu bahas.

Silahkan kamu pahami tahap dan cara menulis artikel blog yang menarik akan pengunjungmu merasa situsmu berbeda. Lalu kamu bisa menambahkan beberapa hal, seperti quiz atau give away. Cara ini ternyata terbukti ampuh untuk membuat para pengujung rajin balik ke blog kamu.

Cara lainnya adalah melengkapi artikelmu dengan beberapa tools seperti alat penterjemah, kalkulator digital, alat hitung perkiraan bunga asuransi, pinjaman, simpanan, dll. Semua itu akan membuat visitornya berlama-lama bahkan hanya di satu artikel saja. 

3. Infografis

Melengkapi postingan dengan infografis.
Melengkapi Blog Dengan Infografis

Cara ketiga agar pengunjung betah di situsmu adalah dengan melengkapi semua artikel dengan infografis. Ini cocok bagi kamu yang pandai menggambar atau pinter utak-atik Photosop.

Seperti dilansi dari Catatanadi.com tentang jenis-jenis membaca orang Indonesia, ada banyak netizen yang ternyata sudah malas jika hanya disuguhkan teks saja. Ini tantangan buat kamu. Ayo lengkapi dengan infografis atau video pendek agar mereka menganggap blogmu menarik dan unik.

Untuk sementara itu saja 3 cara agar meningkatkan pengunjung di blog dan membuat mereka betah berlama-lama. Jika kamu kebetulan adalah seorang blogger pemula dan ingin mengetahui lebih lanjut soal seluk beluk dunia blogging, silahkan kunjungi Koloni Digital Indonesia yang merupakan wadah bagi mereka yang ingin terus belajar mengenai SEO, koding, copywriter dan menulis konten.

1 komentar untuk "3 Cara Agar Pembaca Betah Mengeksplorasi Blog Kamu"

  1. lumayan jadi tambah ilmu lagi bikin artikel setelah baca artikel ini

    BalasHapus
Apakah Anda masih punya pertanyaan? Tulis pertanyaan Anda di kolom di bawah ini.