Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Memahami Cara Kerja Search Engine

Evander News - Apa itu mesin pencari (search engine)? Mengapa penting bagi semua orang untuk memahami dan mengetahui cara kerja mesin pencari?

Cara Kerja Mesin Pencari
Cara Kerja Mesin Pencari

Pengertian Mesin Pencari atau Search Engine

Mesin pencari atau search engine adalah situs yang berfungsi untuk mengumpulkan dan mengorganisir konten dari seluruh bagian internet.

Awalnya konten tersebut hanya berbentuk artikel atau tulisan. Namun kemudian, seiring dengan berjalannya waktu, search engine juga mampu mengumpulkan, menyeleksi dan mengorganisir konten yang berbentuk audio, video, gambar, bahkan tautan bisnis.

Cara Menggunakan Sebuah Mesin Pencari

Lalu bagaimana cara menggunakan mesin pencari? Untuk menggunakannya, Anda hanya mengetikkan apa yang ingin Anda cari dan mesin pencari akan memberikan Anda berbagai link ke sumber informasi / blog / situs yang menampilkan informasi sesuai dengan apa yang dicari.

Hasil laman atau halaman pencarian tersebut, biasa dikenal dengan sebutan search engine results page atau SERP. Laman SERP ini dapat berupa daftar yang nantinya memberikan pilihan kepada Anda konten yang paling ‘kemungkinan’ paling relevan sampai tidak. Cara mesin pencari menentukan ranking memang berbeda-beda.

Cara Kerja Mesin Pencari

Sebagai seorang blogger, penting untuk memahami cara kerja mesin pencari. Hal tersebut agar Anda mampu memaksimalkan SEO dan meningkatkan traffic blog.

Mesin pencari kerap mengubah-ubah algoritma. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan user experience atau pengalaman pengguna.

Setiap search engine bertujuan untuk mengerti bagaimana users menggunakan search engine dan memberi mereka jawaban yang terbaik untuk pencarian mereka. Dengan begitu, search engine bisa memberikan jawaban yang berkualitas tinggi dan paling relevan.

Mesin pencari sendiri dikendalikan oleh perusahaan tentu saja memiliki para insinyur dan ahli. Para ahli inilah yang kemudian membuat program untuk menunjang kinerja mesin pencari.

Mesin pencari menggunakan program yang sering disebut dengan istilah spiders, robots, atau crawlers untuk mencari, mendata, mengklasifikasikan dan mengorganisir konten dari seluruh web dan blog di dunia maya. Hasil-hasil pencarian dan pengorganisiran ini kemudian digunakan mesin pencari untuk membangun index dan direktori internet.

Berkaitan dengan perubahan algoritma ini, semua mesin pencari akan memberi tahu Anda tentang cara meningkatkan peringkat halaman Anda di halaman hasil pencarian, algoritma yang mereka gunakan dijaga dengan baik dan sering berubah untuk menghindari penyalahgunaan.

Tetapi dengan mengikuti beberapa teknik optimasi mesin pencari (SEO) yang sudah terbukti, Anda dapat memastikan bahwa website Anda terindeks dengan baik dan tetap tinggi dalam peringkat.

Tips Menggunakan Search Engine. (Panduan Untuk User)

Untuk Anda yang membutuhkan informasi menggunakan search engine, berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan lebih dari satu search engine.
2. Menulis kata kunci secara spesifik.
3. Membandingkan lebh dari satu sumber.
4. Menambahkan tanda kurung ( ) dalam box pencarian.
5. Menulis sinonim kata kunci yang Anda cari.

Tips Menggunakan Search Engine. (Panduan Untuk Blogger)

Untuk Anda yang berprofesi sebagai blogger, khususnya publisher iklan Google Adsense, berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan.

1. Membuat konten yang berkualitas.
2. Membuat konten yang rapi dan enak dibaca.
3. Sering mempelajari algoritma dari search engine.
4. Selalu meng-upgrade teknik untuk mempopulerkan artikel.
5. Melengkapi blog dengan sitemap.

Demikianlah artikel tentang 'memahami cara kerja search engine', semoga bermanfaat untuk Anda.

5 komentar untuk "Memahami Cara Kerja Search Engine"

  1. Mantul bang, ,

    Visit t enhawe,blogspot,com

    BalasHapus
  2. diantara sekian search engine kenapa kita kebanyakan pakai Google, tapi sejak tahu yang lain, saya mulai mencoba search engine yang lain...

    BalasHapus
  3. bing dan yandex saya pernah memakai nya gan...kalau yang lain cuman tau aja...

    BalasHapus
  4. mesin pencari bisa digunakan untuk mencari jodoh gak ya?

    BalasHapus
  5. Mantap bro, berkunjung juga ya ke blogger saya
    www.rialdiseo.my.id

    BalasHapus
Apakah Anda masih punya pertanyaan? Tulis pertanyaan Anda di kolom di bawah ini.