Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Fungsi dan Cara Tercepat Membuat Widget Recent Comment di Blog [Hanya Dalam 20 Menit]

Evander News - Kotak daftar komentar sangat penting untuk menunjang Seo dan SERP sebuah blog. Bagaimana cara membuat kotak komentar atau Recent Comments dengan cepat dan mudah?

Halo smart people,

Kali ini Evander News selaku tempat berbagi semua tutorial dan solusi mengatasi berbagai masalah akan sharing cara tercepat dan termudah membuat recent comments.

Penasaran?

Silahkan baca artikel berikut!

Memasang widget recent comments
Memasang widget recent comments


Cara Tercepat dan Termudah Membuat Recent Comments - Hanya dalam waktu kurang dari 20 menit! Semua pasti bisa! Apapun jenis blog yang Anda miliki langkah ini tetap berfungsi.

Nah apa saja fokus bahasan kali ini? Berikut jawabannya :

1. Apa Itu Recent Comments?

     1.1 Pengertian Recent Comments

     1.2 Letak Recent Comments

     1.3 Judul Recent Comments

2. Fungsi Recent Comments.

     2.1 Untuk Pemilik Blog

     2.2 Untuk Pengunjung

     2.3 Untuk SEO

     2.4 Untuk Adsense

3. Langkah-langkah Membuat Recent Comments Termudah dan Tercepat.


Langsung saja mari kita bahas CARA TERCEPAT DAN TERMUDAH MEMBUAT RECENT COMMENTS

1. Apa Itu Recent Comments?

Kami akan bahas terlebih dahulu mengenai widget recent comment ini. Yuk ikuti. Kalau pingin contoh, lihat gambar di bawah ini.

contoh widget recent comments
Contoh Recent Comments


1.1 Pengertian Recent Comments

Recent Comments atau Komentar Terbaru adalah sebuah widget di dalam blog yang memuat suatu daftar yang berisi kumpulan komentar-komentar yang telah ditulis oleh pengunjung situs/blog. Jumlah komentar ini bervariasi tergantung keingina sang pemilik. Artinya pemilik bisa saja hanya menampilkan 10 komentar dari ribuan komentar yang didapatkan.

1.2 Letak Recent Comments

Biasanya recent comments atau daftar komentar terbaru ini ada di sidebar kanan sebuah blog. Artinya ia berada di sisi kanan dari kolom utama atau daftar artikel.

Tetapi ada pula yang menempatkan recent comments ini di footer (bawah) atau bahkan di atas sebaris dengan Menu (Top Menu).

1.3 Judul Recent Comments

Banyak pula blogger yang mengganti judul atau label nama dari recent comments. Sebagai contoh ada yang menggunakan nama 'Daftar Komentar', 'Komentar Sahabat', 'Komentar Pengunjung', dll.

Ini semua bisa dimungkinkan. Semua tergantung sang pemilik. Apa nama yang paling baik menurut Anda?

2. Fungsi Recent Comments

Ada beberapa alasan dan keuntungan dalam memasang recent comments ini. Tetapi semua itu, sebagian besar bersifat opini dan opsional. Opini berarti adalah pendapat yang bisa saja benar atau sebaliknya. Opsional berarti itu semua tergantung selera para pemilik blog. Bisa saja Anda memilih untuk membuat recent comments atau juga sebaliknya, menganggap recent comments tidak terlalu penting.

Komunitas Berang-berang Digital melalui saya, Evander Lazy Mole selaku Presiden Koloni bertekad untuk menciptakan suatu tatanan dunia maya yang tertib, bersih, bermanfaat dan menjunjung tinggi kreatifitas, akan menyajikan untuk anda fungsi dan kegunaan dari recent comments.

Kami menyajikan, anda yang menetapkan.

2.1 Untuk Pemilik Blog

Untuk pemilik blog atau sang owner blog, kami dari Evander News bisa menilai bahwa keberadaan recent comments sangatlah penting.

Recent comments atau daftar yang memuat daftar komentar para pengunjung memiliki keuntungan untuk owner blog antara lain :

  • Menunjukkan bahwa blognya sudah cukup dikenal.
  • Menunjukkan post mana yang paling banyak dicari atau ditanggapi.
  • Memberi informasi perihal topik yang menjadi unggulan di blog tersebut.
  • Sebagai personal branding bagi owner untuk para pengunjung.
Mengingat pentingnya peran dari widget recent comment maka seyogyanya semua blogger segera memilikinya. Jangan khawatir bahkan untuk narablog pemula sekalipun, karena Evander News sudah menyiapkan tutorialnya di bawah ini. Baca dengan seksama ya.

2.2 Untuk Pengunjung

Sedangkan untuk pengunjung atau visitor blog, recent comments juga memberikan beberapa keuntungan tertentu. Apa saja keuntungan-keuntungan dari recent comments tersebut untuk para pengunjung blog? Menurut opini dan keterangan dari para SEO expert maupun blogger senior dalam dan luar negeri, maka Evander News  berpendapat bahwa recent comments berfungsi untuk:
  • Memudahkan visitor atau pengunjung untuk mencari sesuatu yang mungkin mereka butuhkan lebih lanjut.
  • Mendorong mereka untuk turut serta berkomentar.
  • Memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi yang mungkin tidak mereka dapatkan di artikel tetapi diajukan oleh pengunjung yang lainnya sebelumnya.

2.3 Untuk SEO

Saya menganggap ada suatu koneksi atau hubungan yang tidak langsung antara recent comments anda dengan tingkat SEO dan SERP.

Saya secara pribadi mengiyakan anggapan ini karena pada dasarnya ada kata-kata kunci yang bisa saja muncul di kolom komentar, baik dari pemilik blog maupun dari visitor, yang akan mengerek dan mengkatrol tingkat seo-ability dari suatu blog di mata mesin pencari. Jadi bisa disimpulkan, ini salah satu teknik meningkatkan trafik juga.

Tetapi itu semua bergantung pada Anda selaku owner blog. Apakah Anda sepakat?

2.4 Untuk Adsense

Jika recent comments alias daftar komentar termutakhir yang ada di blog memiliki hubungan dan pengaruh dengan SEO dan SERP, maka sudah pasti ia akan berpegaruh pada adsense, khususnya dari Google.

Google selaku pihak penyedia blogger tentu memiliki jutaan rumus algoritma super rahasia yang belum dikuak oleh para aktivis internet, bahkan oleh mereka yang bergelar Master sekalipun.

Saya berpendapat, bahwa semakin banyak komentar di recent comments suatu blog, maka semakin mudah blog itu mendapat acc untuk google adsense.

Tetapi tentu tidak semudah itu. Ada rumus-rumus rahasia, termasuk jenis komentar, siapa saja yang mengkomentari dan bahkan isi komentar.

Ikuti terus Evander News ini agar Anda semakin bertambah wawasan untuk menguak rahasia jagat dunia maya bersama kami yang senantiasa konsisten menyediakan konten-konten berkualitas untuk Anda.

3. Langkah-langkah Membuat Recent Comments 

Sekarang saatnya kita membahas langkah untuk membuat dan memasang recent comments dengan supermudah dan sangat cepat.

Saya yakin siapapun termasuk Anda akan bisa melakukannya. Ikuti langkah-langkah ini dengan santuy sambil ngopi atau makan pizza. Sambil denger musik juga boleh.

1. Nyalakan Internet. Kunjungi blogspot.com lalu login ke dasbor blogger anda.

2. Pilih dan buka Tata Letak. Ada di sebelah kiri. Klik kiri.

3. Pergi ke Sidebar. Di sinilah nanti Anda memposisikan widget recent comment.

4. Pilih tambahkan gadget baru.

Sidebar tab blogspot
Sidebar Blogspot


5. Pilih Feed seperti gambar di bawah ini.

Menu Feed blogspot
Pilih Feed


6. Kemudian tulis ini: https://alamat blog Anda//feeds/comments/default

7. Setelah itu akan muncul preview.

8. Lalu berikan nama untuk kolom recent comments tersebut sesuai dengan selera Anda.

9. Jika sudah, lalu klik Simpan dan tempatkan di sidebar atau dimanapun tempat yang anda inginkan.

Selesai. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Kesimpulan : Widget Recent Comment akan membuat blog Anda lebih SEO di mata mesin pencari karena ketika proses crawling dari AI akan lebih mudah. Selain itu pengunjung bisa melihat berbagai komentar terbaru yang ada di blog tersebut sebelumnya dan memancing mereka untuk berkunjung.

Mudah sekali bukan. Ayo segera pasang. Jika mengalami kendala, Evander News akan berusaha membantu Anda. Semoga bisa sukses dalam membuat widget recent comment.

7 komentar untuk "Fungsi dan Cara Tercepat Membuat Widget Recent Comment di Blog [Hanya Dalam 20 Menit]"

  1. Ada batas maksimal ga gan dalam menampilkan komentar?

    BalasHapus
  2. Ga ada gan, semua tergantung settingan owner.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah hanya untuk bloger saja??gk bisa di terapkan di wapsite??

      Hapus
  3. Sayangnya cumamaksimal 5 komentar doang gan dri feed mah

    BalasHapus
  4. maksimal cuma lima ya gan, terlalu sdikit

    BalasHapus
  5. wah, makasih infonya, mudah"an bisa buatnya

    BalasHapus
Apakah Anda masih punya pertanyaan? Tulis pertanyaan Anda di kolom di bawah ini.