Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

13 Fakta Menarik Didi Kempot Sang Legenda Musik Indonesia

Musik - Sobat dan pembaca setia Evander News pasti sudah mendengar kabar sedih meninggalnya salah satu legenda musik Indonesia pada bulan Mei 2020 ini. Untuk mengenangnya, maka kami akan bagikan 13 fakta menarik yang jarang diketahui tentang Didi Kempot.

Fakta menarik dan perjalanan Didi Kempot
(Foto Didi Kempot - Sumber)


Perjuangan Didi Kempot

Kisah perjalanan karir terlengkap Didi Kempot sang maestro dunia hiburan tanah air memang layak diacungi jempol. Beliau memulainya dari bawah, merangkak perlahan hingga akhirnya menjadi sosok yang tak tergantikan. Banyak orang mengagumi lagu-lagu yang diciptakan Didi Kempot.

Walau begitu ternyata tersimpan fakta bahwa ia merasa sedih dan terluka banyak musisi dan artis yang tidak menghargai karyanya. Memang sudah jelas dan nyata sekali ada banyak biduan dangdut, youtuber maupun artis kenamaan yang menyanyikan atau meng-cover lagu Didi Kempot.

Beliau merasa tidak habis pikir bagaimana mereka tidak punya hati dalam menghargai jerih payah orang lain yang sudah menciptakan lagu-lagu tersebut. Apakah benar Didi Kempot sering tidak mendapat royalti dari lagu-lagu yang diciptakannya?

Seperti diketahui artis-artis dan banyak sekali kelompok orkest dangdut kerap menyanyikan lagu beliau, bahkan merubah sebagian liriknya.

Jika memang Anda seorang penggemar setia Didi Kempot, pastilah tahu bagaimana getir dan tergoresnya perasaan beliau seperti ketika diwawancarai oleh Hilman Ghofar dalam acara Ngobam di Youtube beberapa waktu lalu.

Pemerintah Harus Tegas 

Jangan sampai kreativitas musikus Indonesia mandeg dan masyarakat hanya disuguhi oleh lagu-lagu yang itu-itu juga karena para pencipta lagu muak serta tidak sudi lagu berkarya karena tidak mendapatkan penghargaan yang semestinya.

Walau ternyata di akhir hayatnya baru Didi Kempot mendapatkan royalti yang besar, itu semua tetap harus menjadi pelajaran bahwa seorang pencipta lagu layak mendapatkan penghargaan yang pantas sesuai hasil karyanya.

Fakta Menarik Seputar Didi Kempot

Selain biografi dan kisah hidup Didi Kempot, ternyata ada banyak fakta unik nan menarik yang layak untuk diketahui oleh publik tanah air.

1. Berasal dari Keluarga Seniman

Ternyata Lord Didi berasal dari keluarga seniman. Darah seni mengalir dari dalam dirinya melalui ayah Didi Kempot, yakni Suharanto alias Ranto Edi Gudel yang cukup dikenal baik sebagai pemain ketoprak di Jawa Tengah. Sedangkan ibu Didi Kempot adalah Umiyati Siti Nurjanah adalah seorang penyanyi tradisional. Bahkan saudara kandungnya adalah Mamiek Prakoso yang merupakan pelawak kondang anggota Grup Komedi Srimulat.

2. Nama Asli Didi Kempot

Apakah Anda tahu nama asli Didi Kempot? Ya, beliau terlahir dengan nama Didik Prasetya. Banyak orang baru mengetahui fakta ini ketika beliau meninggal.

3. Sejarah Nama Didi Kempot

Lalu darimana nama Didi Kempot? Ternyata itu nama yang dipilih karena dalam perjalanan karirnya, Lord Didi sempat menyanyi dari jalanan dan tergabung dalam Kkelompok penyanyi trotoar atau Kempot.

4. Musik Campursari Milenial 

Genre musik Didi Kempot sangat unik dan dinamis. Ia berbeda dengan Ki Manthous yang lebih fokus pada campursari klasik. Musik Didi Kempot adalah gabungan pop, campursari, dangdut dan bahkan jaz.

5. Terkenal di Luar Negeri

Tidak hanya di Indonesia, Didi juga sangat terkenal di Belanda, Suriname, Malaysia, Hongkong, Taiwan dan Singapura. Ia pernah beberapa kali mendapat undangan manggung ke Suriname di hadapan para fans setianya.

6. Produktif 

Didi bukan cuma penyanyi tetapi juga pencipta lagu. Walau banyak karyanya yang dibajak secara tidak semestinya. Ia punya ratusan lagu mulai dari sejak 1970 hingga 2020. Beberapa lagu terkenalnya antara lain Cidro, Pamer Bojo dan Nunut Ngiyup. 

7. Lagu Hits Bernuansa Lokal

Banyak lagunya yang mengandung nuansa lokal. Beberapa judul lagu yang ia ciptakan berkaitan dengan nama-nama tempat tertentu, seperti Stasiun Balapan, Kartonyono Nagih Janji, Terminal Tirtonadi, Tanjung Mas Ninggal Janji atau Prawan Kalimantan. 


8. Lagu Jenaka 

Bukan hanya tentang patah hati, sebenarnya ada banyak lagu-lagu ciptaan dari adik Mamiek Prakoso ini yang punya nuansa jenaka. Beberapa lagu itu antara lain Gethuk, Kuncung, Cucak Rawa dan Bojo Loro. 


9. The Godfather of Broken Heart

Ada banyak julukan untuk Dionisius Prasetya tetapi yang paling terkenal tentu saja The Godfather of Broken Heart karena kepiawaiannya mengaduk-aduk emosi pendengar melalui lantunan lagu-lagu galaunya.

10. Panen Penghargaan 

Diketahui sejak 2001 hingga 2020 Lord Didi akhirnya mendapatkan banyak penghargaan atas hasil kerja kerasnya. Dikutip dari Wikipedia, beberapa penghargaan itu antara lain Anugerah Musik Indonesia, Indonesia Dangdut Award dan The Lifetime Achievement Award dari IMA.

11. Bahasa Jawa

Lord Didi adalah satu dari sangat sedikit penyanyi masa kini yang bisa terkenal hingga ke level nasional dan internasiol dengan menggunakan Bahasa Jawa.

12. Sobat Ambyar

Seperti layaknya artis legendaris, Didi Kempot juga punya basis penggemar. Ada dua golongan, yakni yang terorganisir dan yang tidak. Mereka yang terorganisir berada di bawah naungan komunitas Sobat Ambyar yang uniknya banyak didominasi anak muda.

13. Kontroversi 

Dalam acara ngobrol bareng Ghofar di NGOBAM Didi Kempot mengatakan tidak masalah jika ada banyak artis yang membawakan lagunya. Namun ia menyinggung banyak yang tidak meminta izin terlebih membayar royalti. Ia dengan keras menganalogikan hal itu sebagai pencurian.

Itulah 13 fakta menarik seputar Didi Kempot. Semoga arwah beliau di terima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan.

Posting Komentar untuk "13 Fakta Menarik Didi Kempot Sang Legenda Musik Indonesia"

Apakah Anda masih punya pertanyaan? Tulis pertanyaan Anda di kolom di bawah ini.