Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menjadi Penulis Lepas dan Kontributor

Evander News - Menjadi penulis lepas itu gampang-gampang susah. Terlihat mudah karena antara lain bisa dikerjakan siapa saja, tidak butuh modal besar, serta peluang usahanya masih terbuka lebar.

Menjadi sulit karena pada kenyataannya literasi masyarakat Indonesia masih belum tinggi, ditambah masih belum populernya profesi ini. Selain itu jika tidak pandai menawar, harga artikel murah sekali padahal membuatnya juga membutuhkan riset keywords dan teknik penulisan sesuai kaidah SEO.

Di era digital dan revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, peran seorang penulis menjadi semakin dibutuhkan. Banyak perusahaan yang butuh tulisan untuk berbagai tujuan : meningkatkan trafik, memperkenalkan produk ke masyarakat atau sebagai sarana edukasi.

Berbeda dengan penulis tetap, seorang freelance writer atau kontributor menulis sesuai dengan kontrak atau jual putus.

cara menjadi penulis lepas
Menjadi Penulis Artikel

Jadi penulis artikel juga bisa merangkap menjadi penjual artikel. Jika Anda memang berniat terjun menjadi seorang kontributor maka silahkan baca postingan kali ini sampai selesai.

Cara Menjadi Penulis Artikel

Ada banyak panduan untuk menjadi seorang penulis lepas, tetapi pada dasarnya semua memiliki garis besar yang sama.

Melatih Kemampuan Menulis


  1. Menentukan Niche / Topik.  Bisa berfokus pada topik tertentu, seperti travelling atau wisata, namun bisa juga untuk mencoba banyak topik. 
  2. Mempelajari PUEBI. Apakah penting memahami PUEBI atau Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia? Sangat penting. Ini basic skill yang harus dimiliki, termasuk mengerti kalimat-anak kalimat, tanda baca, huruf kapital, jenis-jenis kalimat, dll. 
  3. Memahami Jenis-Jenis Tulisan. Ada berbagai macam jenis artikel, mulai dari eksplanasi, tutorial, hingga narasi. 
  4. Pelajari Teknik Jurnalisme Dasar. Ini penting agar membuat tulisan menjadi bernyawa sehingga mampu memikat pembaca. 
  5. Kuasai Teknik Riset Katakunci. Jika memilih jalur penulis artikel SEO, maka mau tidak mau harus belajar riset dan menyebar keywords. 
  6. Sering Membaca. Dunia menulis jaman sekarang sangat bervariasi. Pelajari macam-macam artikel yang berhasil muncul di halaman pertama mesin pencari agar Anda memahami struktur dan kaidahnya. 

Membuktikan Anda Memang Seorang Penulis

  1. Membuat blog. Ini hal yang paling penting dan mudah. Blog Anda nantinya akan menunjukkan kualitas dari artikel-artikel Anda. Rutinlah membuat artikel. Ketahui cara menulis artikel yang rapi dan menarik. 
  2. Membuat branding di sosial media. Manfaatkan sosial media seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn. Buat profil yang tepat dan memancing orang untuk mengetahui lebih jelas skill Anda. 
  3. Buat akun di marketplace freelancer. Ada banyak situs yang mempertemukan seorang content creator dengan konsumen. Tulis segala keahlian Anda. 
  4. Menulis di platform user generated content (UGC). Anda bisa mencoba mengasah kemampuan menulis Anda di UGC seperti kompasiana, detik, terminal mojok atau steemit. 

Menentukan Harga Artikel

  1. Rentang Harga Artikel di Pasaran. Di Indonesia, harga artikel masih sangat murah. Untuk mengimbanginya, Anda harus membuat 10-20 artikel sehari jika memang ingin hidup dari menulis.
  2. Harga Murah untuk Pemula. Pada umumnya, agen atau jasa penyedia artikel hanya akan membeli artikel seharga Rp 10.000 hingga Rp 30.000 untuk tulisan dengan panjang 500 - 1000 kata. Bisa lebih tinggi atau rendah tergantung kualitas konten dan penyedia artikel itu sendiri. 
  3. Jual Dengan Harga Tinggi. Ini penting. Juallah artikel dengan harga tinggi jika memang Anda mampu membuat tulisan yang bagus. 
  4. Mengirim ke media. Ada beberapa media yang akan membayar tulisan dari para pembaca. Mereka rata-rata membayar Rp 100.000 hingga Rp 1.500.000 untuk sebuah artikel. Namun persaingannya akan ketat, karena Anda akan bersaing dengan jurnalis, penulis senior, tokoh masyarakat atau sastrawan terkenal. Silahkan lihat cara nulis dibayar yang berisi daftar media yang sampai saat ini masih menerima tulisan dari penulis artikel atau kontributor. 

Menawarkan Jasa

  1. Bergabung dengan jasa penyedia konten / artikel. 
  2. Membuat jasa penyedia artikel sendiri.
  3. Menjual di situs / marketplace.
  4. Melamar menjadi penulis untuk situs / perusahaan / media online. 
Itulah cara menjadi penulis artikel secara lengkap dan terperinci. Perhatikan bahwa semakin berkualitas tulisan Anda, orang akan dengan sukarela membayar harga tinggi. Jangan ragu untuk terus menekuni hobi menulis Anda dan jadilah seorang penulis lepas. 

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Penulis Lepas dan Kontributor"

Apakah Anda masih punya pertanyaan? Tulis pertanyaan Anda di kolom di bawah ini.