Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyiasati Update Algoritma Google 2020

Salam jumpa kembali para pembaca Evander News yang berbahagia, kali ini kami akan memberikan sebuah artikel yang sangat menarik mengenai update algoritma yang dilakukan oleh Google pada bulan Mei 2020. 

Tentu hal ini sangat penting untuk Anda semua yang berprofesi sebagai blogger, internet marketer, copywriter, maupun praktisi SEO.

Seperti diketahui, sebagai sebuah search engine, Google memang senantiasa melakukan upgrade dalam sistem dan algoritmanya, yang tentu bertujuan untuk semakin memuaskan para pengguna dalam mencari informasi yang berharga.

Lalu seperti apa perubahan yang dilakukan pada vesi Mei 2020 ini? Benarkah banyak blogger Indonesia dan luar negeri merasa ketakutan karena website mereka mengalami penurunan ranking di mesin pencari?

Untuk mengetahui jawabannya, Evander News sudah merangkumnya untuk anda semua. Silahkan membaca dan semoga bermanfaat :

Update Algoritma Google Besar-besaran Mei 2020

Sebenarnya sebagai seorang internet marketer ataupun pemilik web, anda tidak perlu takut berlebihan hanya karena membaca banyak berita miring seputar perkembangan perubahan yang dilakukan oleh Google Search Engine. Kenapa?

Karena sebenarnya Google sudah memberikan konfirmasi tentang diluncurkannya algoritma Mei 2020 ini. Hal tersebut bisa dibaca dari cuitan Danny Sullivan dari Google.

Jadi menurut konfirmasi Danny Sullivan, pembaharuan algoritma Google tersebut tengah berjalan sampai 4 Mei 2020. Nantinya hal itu akan diberi nama sebagai The May 2020 Core Update. 

Sebagai seorang pegiat SEO ataupun pengamat dunia internet, mungkin Anda akan dibuat heran dengan rilisan updater terbaru 2020 Googole ini. Karena biasanya setiap versi algoritma terbaru akan menggunakan nama hewan seperti Hummengbird, Pinguin atau Panda.

Apakah mungkin ini akan mengawali suatu trend baru, yakni pemberian nama berdasarkan bulan dan tahun dilakukannya upgrade sistem Google?

Baca juga : Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android

Dampak Update Mei 2020

Bagaimana dampak dari ini semua? Sebagai seorang blogger maupun praktisi SEO yang gemar mengamati perubahan algoritma serta sering berdiskusi di berbagai Forum developer, Intenet Marketing yang tersebar di berbagai grup Facebook, LinkedIn maupun Twitter, perubahan ini berdampak sangat besar.

Ada banyak owner web yang mengaku mengalami penurunan di SERP dan jumlahnya sangat masif. Bahkan tak sedikit yang mengaku harus kehilangan posisi puncak ataupun halaman pertama dari mesin pencari.

Dilihat dari kacamata bisnis tentu hal ini sangat riskan. Terlebih jika memang inti dari bisnis Anda adalah dunia internet.

Namun di sisi lain banyak blogger yang mengalami hal sebaliknya, naiknya situs-situs mereka di ranking mesin pencari.

Cara Menyikapi Update Algoritma Google Mei 2020


  Update Algoritma Google versi Mei 2020
Update Algoritma Google versi Mei 2020

Nah sekarang kita sampai pada pembahasan yang paling penting. Bagaimana cara paling tepat untuk menyikapi update di bulan Mei ini? Berikut beberapa tips berharga yang bisa Anda coba :

1. Jangan Panik

Update algoritma memang hal yang biasa dan bukan hanya Google, search engine lain juga melakukannya semisal Bing maupun Yandex. Jadi jangan panik lalu mentah-mentah mengikuti tutorial yang ditemukan di Internet.

Bahkan ketika tutorial dan tips tersebut berada di halaman pertama SERP, tetap Anda harus menganalisa lebih lanjut apakah cocok diterapkan di blog dan niche yang Anda bidik.

2. Banyak Belajar 

Pembahasan terlengkap seputar algoritma Google May 2020 memang tersedia banyak namun tetap pastikan bahwa Anda mempelajarinya dengan teliti. Banyaklah belajar dari para SEO experts dan blogger besar seperti Neil Patel, Pro Blogger, Moz, dll.

Ikuti langsung perkembangan ini dengan mem-follow akun twitter Google. Sebagai seorang blogger dan internet marketing, hal ini adalah sesuatu yang wajib.

3. Fokuslah Pada Konten

Content is the king. Bukan yang lain. Jadi jika Anda sudah paham dan memegang teguh hal ini, maka sebenarna update apapun tidak akan berpengaruh.

Buatlah konten yang informatif, lengkap dan terpercaya. Analisa konten sejenis dari kompetitor Anda temukan apa yang kurang.

Berikut beberapa tips praktis :

  • Perhatikan SEO onpage dasar.
  • Tingkatkan kepadatan informasi.
  • Hindari optimasi berlebihan.
  • Cek brokenlink yang mungkin ada.
  • Tambah dengan infografis jika perlu.
  • Hapus informasi yang tidak relevan / sudah kadaluarsa.
Beberapa hal tersebut sudah lebih dari cukup untuk bisa membuat konten Anda bersaing asal dioptimasi dengan benar. 


Baca juga : Cara Menulis Artikel Blog yang Menarik

4. Analisa Kueri yang Menurun

Apakah ada halaman yang rankingnya menurun? Jelas, di mata Google, konten itu kalah bersaing. Maka yang harus dilakukan adalah segera melakukan update : menambah informasi terbaru, mengurangi tipografi dan membuat uraian yang lebih jelas. Secara umum, hal itu merupakan cara menaikkan trafik pengunjung blog yang alami.

Baca juga : Cara Agar Diterima Google Adsense [Terbaru 2020]

Itu dia pembahasan lengkap seputar update algoritma yang dilakukan Google pada Mei 2020 ini. Jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar dan kami akan dengan senang hati berusaha menjawabnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menyiasati Update Algoritma Google 2020"

Apakah Anda masih punya pertanyaan? Tulis pertanyaan Anda di kolom di bawah ini.