Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ini Dia 3 Marketplace yang Paling Disukai UMKM Indonesia

Persaingan antar marketplace di Indonesia makin sengit. Setelah Tokopedia melakukan merger dengan Gojek, kini Bukalapak mulai melantai di pasar saham. Lantas seberapa efektif langkah yang dijalankan agar bisa memenangkan kompetisi?

Seperti diketahui, sejak 8 tahun belakangan ini, mulai bermunculan banyak sekali platform marketplace di Indonesia. Tumbuh suburnya pasar digital seperti itu memang wajar seiring dengan makin banyaknya orang yang mulai melakukan jual beli secara online.

Dari semua pasar atau toko digital yang ada, beberapa mampu muncul menjadi raksasa dan dikenal luas oleh masyarakat, antara lain Lazada, Tokopedia, Zalora, Blibli, Shopee, Matahari Mall, Bukalapak, Bhinneka, JD.Id, dan lainnya.

Top 3 Marketplace Indonesia

Namun dari semua marketplace tersebut, ada 3 yang paling menjadi idaman para pelaku UMKM. Para pelaku UMKM sendiri bisa dibilang menjadi salah satu faktor penentu khususnya dalam persaingan di bisnis ini.

Berdasarkan survey yang dilakukan Tempo Data Science, ketiga marketplace tersebut adalah Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. 

Marketplace paling populer di Indonesia
Marketplace paling populer di Indonesia

Perubahan Besar

Memang sejak beberapa waktu terakhir, pola belanja masyarakat mengalai perubahan. Online shop dan e-commerce mulai menjadi pilihan utama. Frekuensi perdagangan daring juga melonjak tajam, khususnya dalam dua tahun pandemi ini. 

UMKM harus berbenah dan melakukan digitalisasi. Salah satunya adalah bermain di lini perdagangan online, baik itu melalui marketplace ataupun sosial media. Hal ini pada akhirnya juga membuat masyarakat memiliki lebih banyak pilihan untuk berbelanja. 

Posting Komentar untuk "Ini Dia 3 Marketplace yang Paling Disukai UMKM Indonesia "

Apakah Anda masih punya pertanyaan? Tulis pertanyaan Anda di kolom di bawah ini.